widget

Rabu, 03 Desember 2014

TUTORIAL AVOGADRO

AVOGADRO
Avogadro adalah salah satu aplikasi editor molekul yang bisa dikatakan  canggih, dimana aplikasi ini dirancang untuk berbagai jenis platform sistem operasi, yang salah satunya adalah sistem operasi Linux BlankOn. Aplikasi ini digunakan dalam kimia komputasi, pemodelan molekul, bioinformatika, ilmu material, dan bidang terkait.
Avogadro merupakan software kimia gratis, open source, tersedia dalam berbagai paltform sistem operasi merupakan editor molekul yang dirancang untuk digunakan secara fleksibel dalam kimia komputasi, pemodelan molekul, bioinformatika, ilmu material, dan bidang terkait lainnya. Avogadro yang tersedia dapat dijalankan pada sistem Windows, Linux, dan Mac OS X. Kode sumber sumber tersedia di bawah GPL GNU. Menurut saya aplikasi ini sangat bagus dengan kelebihan ukuran filenya sangat kecil (tidak lebih dari 10 MB). Tampilan yang bagus dan sudah bisa dihandle oleh perangkat keras kebanyakan sekarang.
Avogadro, terdapat juga beberapa imformasi yang dapat memberikan para calon pengguna informasi tentang Avogadro. Informasi – infromasi yang di dapat pada situs www.avogadro.cc misalnya saja yaitu dari cara menginstal aplikasi Avogadro, menggunakan aplikasi Avogadro dan masih banyak lagi yang lainnya ( Anonim,2014 ).
Selain dapat dijalankan diberbagai system operasi, aplikasi Avogadro ini memilki beberapa fungsi. Fungsi dari aplikasi Avogadro ini adalah sebagai berikut :
1.      Inovatif “auti-optimation”. Sebuah aplikasi yang memungkinkan untuk terus      membangun dan memodifikasi, selama optimasi mekanika molecular.
2.      Plugin yang memungkinkan Avogadro untuk diperpanjang dan disesuaikan
3.      Embedden interpreter  Python
4.      Cepat : Mendukung multi-threaded rendering dan komputasi
5.      Extensible : Plugin arsitektur bagu pengembang termasuk rendering, tool interaktif, perintah dan skrip Python
6.      Fleksibel : Fitur Open Bable yang dapat digunakan untuk import file – file kimia lainnya, input untuk beberapa paket kimia komutasi, kristalografi dan biomolekul.
( Anonim,2014 ).
Menginstal Avogadro sangat gampang yaitu silakan hasil downloadan avogadro dibuka lalu klik run kemudian akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini.
1.      Klik kolom next yang terdapat dibawah dan kotak dialog selanjutnya akan muncul seperti dibawah ini.
2.      Klik “ I agree ” sebagai tanda bahwa anda setuju dan akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini.
3.      Klik next dan akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini
4.      Kotak dialog diatas bertujuan untuk tempat dimana software avogadro ini akan di munculkan.
5.      Software avogadro diatas diletakkan di program file yang berada pada hardisk c dan jika ingin mengganti tempat klik browse dan pilih akan diletakkan dimana software avogadro. Setelah sesuai dengan keinginan maka langsung klik next dan akan muncul kotak dialog dibawah ini.
6.      Kotak dialog diatas menunjukkan bahwa program avogadro sedang proses penginstalan dan tunggu beberapa detik dan akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini.
7.      Kotak dialog diatas akan muncul jika proses penginstalan telah selesai. Dan klik finish maka program avogadro telah siap untuk digunakan.
8.      Program Avogadro yang telah di instal di klik jika akan digunakan. Tampilan awal dari Avogadro seperti di bawah ini.
9.      Langsung saja misalnyajika ingin membuat struktutr molekul dari CH3COOH. tinggal klik atom – atom yang akan digunakan pada menu yang ada di sebelah kiri. Dan hasil yang di dapat setelah dibuat struktur molekulnya adalah seperti di bawah ini.
Hasil yang ditunjukan pada gambar diatas belum tepat.
10.   Klik Auto Optimization Tools dan kemudian klik start untuk mentepatkan posisi. Pentetapan ditujukan agar dapat mengetahui sudut ikatan dan hasil yang di dapat adalah sebagai berikut.
Dengan aplikasi ini kita dapat dengan mudah membuat animasi senyawa tertentu seperti yang diinginkan sekaligus melakukan editing dari senyawa yang telah kita rancang.
Apa yang dapat dilakukan Avogadro?
1.         Dapat melakukan pengunduhan secara langsung dari PDB (protein data\
2.        bank) atau PubChem (database dari molekul kimia dan aktivitasnya terhadap uji biologis)
3.        Inovatif “auto-optimation”, alat yang memungkinkan Anda untuk terus membangun dan memodifikasi, selama optimasi mekanika molekular.
4.        Antarmuka untuk banyak paket komputasi umum.
5.        Plugin yang memungkinkan Avogadro untuk diperpanjang dan disesuaikan.
6.        Embedded interpreter Python.
7.        Terjemahan tersedia dalam 19 bahasa lebih, termasuk antar muka juga sudah bisa berbahasa Indonesia, tersisa hanya beberapa bagian saja yang belum dialihbahasakan.
8.       Cross-Platform: Molekul pembangun / editor untuk Windows, Linux, dan Mac OS X.
9.        Intuitif: Dibangun untuk dapat digunakan dengan mudah bagi mahasiswa  dan peneliti lebioh lanjut.
10.    Cepat: Mendukung multi-threaded rendering dan komputasi.
11.     Extensible: Plugin arsitektur bagi pengembang, termasuk rendering, tool interaktif, perintah, dan skrip Python.
12.    Fleksibel: Fitur OpenBable yang dapat digunakan untuk impor file-file kimia lain, input untuk beberapa paket kimia komputasi, kristalografi, dan biomolekul.
13.    Lalu bagaimana cara menggunakan aplikasi ini? dalam pengoperasian aplikasi ini dapat dikatakan tidak sulit, dan disini saya akan menjelaskan langkah demi langkah pengoperasian aplikasi ini.

Pada artikel ini saya akan membuat bentuk struktur molekul glukosa denganavogadro.Untuk memulai aplikasi ini, pertama, tentu kita harus membuka aplikasi Avogadro. dimana tampilan awal dari aplikasi ini seperti ditunjukkan pada gambar dibawah ini.

Untuk mebuat bentuk molekul glukosa pertama-tama kita klik Tool Setting, kemudian pada kolom Element kita ambil atom karbon, pada Bond Order pilih single, kemudian klik pada layar gambar, tahan dan geser hingga terbentuk ikatan antar atom.




Apabila atom yang kita inginkan tidak ada pada list, maka kita dapat klik other untuk memunculkan tabel periodik unsur dan memilih atom yang kita inginkan dengan meng-klik atom tersebut.
Buat 6 buah atomk karbon yang saling berikatan seperti pada gambar berikut :


Selanjutnya pilih atom oksigen dan gambarkan 6 atom oksigen seperti pada gambar berikut:


Selanjutnya pilih atom hidrogen dan gambarkan seperti pada gambar berikut :



Dan selesai. jadilah satu molekul glukosa yang terdiri dari atom karbon, oksigen dan hidrogen.
Selanjutnya setelah molekul sudah kita buat, kita juga bisa memanfaatkan toolbar dari aplikasi ini untuk melihat secara lebih detil dari atom yang kita buat dengan penjelasan masing-masing toolbar sebagai berikut :
   fungsi ikon ini adalah untuk membuat molekul serta membuat ikatan diantara atom-    atom pada ruang gambar
 fungsi ikon ini adalah untuk merotasi desain molekul yang kita buat


fungsi ikon ini adalah untuk melihat sudut kemiringan molekul secara vertikal dan horisontal

 fungsi ikon ini adalah untukmerotasi desain molekul pada gerakan yang bebas


fungsi ikon ini adalah untuk menjalankan animasi rotasi ke berbagai arah sesuai dengan garis arah mouse

fungsi ikon ini adalah untuk merotasi desain molekul yang kita buat
 
fungsi ikon ini adalah untuk merotasi desain molekul yang kita buat



 fungsi ikon ini adalah untuk merotasi desain molekul yang kita buat ke beberapa arah

Sekian penjelasan singkat saya mengenai aplikasi kimia Avogadro yang dijalankan pada sistem operasi linux blankOn.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar